DSpace Repository

PENGARUH PERAN GURsU SEBAGAI MOTIVATOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X DI MAPN 4 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author NURFADILAH, RIDA
dc.date.accessioned 2022-10-31T08:46:59Z
dc.date.available 2022-10-31T08:46:59Z
dc.date.issued 2022-10-31
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19050
dc.description.abstract Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menguji pengaruh peran guru sebagai motivator terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas X di MAPN 4 Medan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 280 siswa, kemudian dengan menggunakan rumus Slovin didapati jumlah sampel penelitian sebanyak 74 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan teknik analisis regresi linear sederhana dan analisis korelasi product moment dengan menggunakan bantuan program SPSS 20 for windows. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, terdapat pengaruh yang signifikan antara peran guru sebagai motivator terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas X. Serta terdapat hubungan yang positif dan kuat antara peran guru sebagai motivator terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas X di MAPN 4 Medan. Dengan demikian, semakin baik guru dalam melaksanakan perannya sebagai motivator, maka semakin meningkat pula motivasi belajar siswa. en_US
dc.subject Peran Guru en_US
dc.subject Bahasa Arab en_US
dc.title PENGARUH PERAN GURsU SEBAGAI MOTIVATOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X DI MAPN 4 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account