Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menguji pengaruh peran
guru sebagai motivator terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas X di
MAPN 4 Medan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 280 siswa, kemudian
dengan menggunakan rumus Slovin didapati jumlah sampel penelitian sebanyak 74
siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan teknik analisis regresi linear
sederhana dan analisis korelasi product moment dengan menggunakan bantuan
program SPSS 20 for windows. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh,
terdapat pengaruh yang signifikan antara peran guru sebagai motivator terhadap
motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas X. Serta terdapat hubungan yang positif
dan kuat antara peran guru sebagai motivator terhadap motivasi belajar bahasa Arab
siswa kelas X di MAPN 4 Medan. Dengan demikian, semakin baik guru dalam
melaksanakan perannya sebagai motivator, maka semakin meningkat pula motivasi
belajar siswa.