Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh pembelajaran
E-learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa di Pendidikan
Akuntansi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Adapun masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah pembelajaran
berbasis E-learning dirasakan kurang efektif dalam pemahaman yang
disampaikan oleh dosen. Dalam penggunaan E-learning sering terjadi eror
sehingga mengakibatkan kesalahpahaman antar mahasiswa dan dosen.
Keterbatasan kompetensi dosen dalam pemberlakuan penggunaan E-learning
dalam proses belajar mengajar
Penelitian ini dilakukan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara di
Jl Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II, Medan Timur, Kota Medan, Sumatera
Utara. Populasi dalam penelitian ini 101 orang. Sampel dalam penelitian ini
adalah seluruh jumlah populasi yaitu 101 orang.
Kesimpulan yang diambil adalah ada pengaruh yang positif antara
pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar mahasiswa. Ada pengaruh yang
positif antara motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa. Ada pengaruh
positif antara pembelajaran e-learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar
mahasiswa.