Abstract:
Rumusan masalah dalam penlitian ini yaitu bagaimana pengaruh metode
Speed Reading terhadap kemampuan membaca cepat pada pembelajaran tematik
kelas V SDN 117853 Kilang Mili. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh metode Speed Reading terhadap kemampuan membaca siswa kelas V SD
Negeri 117853 Kilang Mili Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhan Batu
Utara. Manfaat dalam penelitian ini adalah untuk pengembangan Ilmu pengetahuan
berkaitan dengan kemampuan membaca cepat siswa mengunakan metode Speed
Reading khususnya baik bagi guru maupun pengelola pendidikan dalam
menentukan metode pembelajaran menggunakan metode Speed Reading.
Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, penelitian ini
menggunakan 2 kelas yaitu kelas V A dan V B. Populasi dan sampel penelitian ini
yaitu populasinya kelas V A dan V B yang berjumlah masing – masing 20 orang,
sedangkan sampelnya yaitu kelas V B berjumlah 20 orang. Penelitian dilakukan
pada bulan Juli 2022 di SD Negeri 117853 Kilang Mili Kecamatan Kualuh Hulu
Kabupaten Labuhan Batu Utara. Penarikan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini dengan menggunakan total sampling. Instrument dalam penelitian
menggunakan tes. Analisis yang digunakan yaitu uji expert validitas, uji normalitas,
uji homogenitas dan uji independent sample t-test.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil kemampuan membaca
sebelum di ajar dengan menggunakan metode Speed Reading tingkat penguasan
berada pada kategori rendah, setelah menggunakan metode Speed Reading
mencapai kategori tinggi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis (uji-t) diperoleh
hasil bahwa nilai signifikansi (sig.2-tailed) dengan uji-t adalah 0,014, dengan
demikian nilai signifikansinya dibawah 0,05, dapat disimpulkan bahwa nilai
signifikansi 0,014 > 0,05, Karena p-value > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh positif antara Metode Speed Reading terhadap kemampuan
membaca cepat siswa pada pembelajaran tematik siswa kelas V SD Negeri 117853
Kilang Mili