Abstract:
Permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini adalah Rendahnya
Penyesuaian diri peserta didik di SD Al-Ittihadiyah Laut Dendang. Adapun tujuan
dilakukannya penelitian ini ialah Mendeskripsikan perbedaan skor dalam
mengembangkan penyesuaian diri peserta didik kelompok eksperimen sebelum dan
setelah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan
teknik permainan boneka tangan. Dengan kelompok kontrol sebelum dan setelah
diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen. Objek dari penelitian ini
adalah siswa kelas IV A dan IV B SD Al-Ittihadiyah Laut Dendang. Dengan
menggunakan angket penyesuaian diri peserta didik dan menggunakan uji Wilcoxon
Signed Ranks Test dan uji analisis Kolmogrov Smirnov 2 Independen Sampels. .
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat : 1) Terdapat perbedaan yang
signifikan tentang penyesuaian diri peserta didik pada kelompok eksperimen,
sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan bimbingan kelompok
menggunakan teknik permainan boneka tangan. 2) Terdapat perbedaan yang
signifikan tentang penyesuaian diri peserta didik pada kelompok kontrol, sebelum
(pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan bimbingan kelompok menggunakan
teknik permainan boneka tangan. 3) Terdapat perbedaan penyesuaian diri pada
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diberikan layanan bimbingan
kelompok dengan menggunakan teknik permainan boneka tangan. Maka penerapan
layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik permainan boneka tangan
berjalan dengan baik.