DSpace Repository

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVESITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA MEDAN 2022

Show simple item record

dc.contributor.author TANJUNG, MAHSYURI
dc.date.accessioned 2022-10-27T08:32:07Z
dc.date.available 2022-10-27T08:32:07Z
dc.date.issued 2022-10-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18988
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI AKL SMK YPK Medan. Subjek penelitian (responden) adalah seluruh siswa kelas XI AKL SMK YPK Medan. Penelitian ini menggunakan Ex Post Facto dengan sampel sebanyak 39 siswa. Metode pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS 23 for windows. Temuan penelitian menunjukkan dimana hal ini terlihat dari analisis regresi sederhana menunjukkan koefisien regresi antara variabel X dan Y dengan nilai negatif sebesar (-0,088) ; koefisien Uji t menunjukkan 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 < 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (-0,851 < 2,024) dan signifikan 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔= 0,400 > 0,05 ; serta koefisien determinasi sebesar - 0,007. Maka dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK YPK Medan. Dan indikator dalam variabel kemandirian belajar menunjukkan bahwa percaya diri dengan persentase 67,59%, aktif dalam belajar dengan persentase 65,23%, disiplin dalam belajar dengan persentase 65,85% dan tanggung jawab dalam belajar dengan persentase 64,21%. Dari keempat indikator ini dapat diketahui bahwa kemandirian belajar siswa kelas XI AKL SMK YPK Medan dalam kategori cukup en_US
dc.subject Kemandirian Belajar en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVESITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA MEDAN 2022 en_US
dc.type Thesis en_US
ο»Ώ

Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account