Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Kemandirian
Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI AKL SMK YPK Medan.
Subjek penelitian (responden) adalah seluruh siswa kelas XI AKL SMK YPK
Medan. Penelitian ini menggunakan Ex Post Facto dengan sampel sebanyak 39
siswa. Metode pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode
analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana dengan
menggunakan bantuan SPSS 23 for windows.
Temuan penelitian menunjukkan dimana hal ini terlihat dari analisis regresi
sederhana menunjukkan koefisien regresi antara variabel X dan Y dengan nilai
negatif sebesar (-0,088) ; koefisien Uji t menunjukkan 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 < 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (-0,851 <
2,024) dan signifikan 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔= 0,400 > 0,05 ; serta koefisien determinasi sebesar -
0,007. Maka dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar tidak berpengaruh
terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK YPK Medan. Dan indikator dalam
variabel kemandirian belajar menunjukkan bahwa percaya diri dengan persentase
67,59%, aktif dalam belajar dengan persentase 65,23%, disiplin dalam belajar
dengan persentase 65,85% dan tanggung jawab dalam belajar dengan persentase
64,21%. Dari keempat indikator ini dapat diketahui bahwa kemandirian belajar
siswa kelas XI AKL SMK YPK Medan dalam kategori cukup