Abstract:
Penelitian ini meliputi penggunaan media pembelajaran Powtoon dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk video pembelajaran berbasis Powtoon untuk materi tematik. Produk dapat dijadikan bahan ajar yang menarik dan sesuai dengan perkembangan abad 21.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D) mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) karena sistematika model ini sederhana, sehingga sesuai dengan karakteristik pembelajaran tematik dan bisa digunakan untuk mengembangkan bahan ajar pada pembelajaran di ranah kognitif, afektif dan psikomotorik yang sesuai dengan kurikulum K-13.
Hasil penelitian berdasarkan lima tahap. Lima tahap tersebut adalah pertama, berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang meliputi analisis kurikulum, materi pembelajaran dan karakteristik siswa. Kedua, Desain menjelaskan perslide dari desain Powtoon yang telah dibuat. Ketiga, Development berisi validitas yang dilakukan oleh 3 dosen ahli. Keempat, Implementasi melakukan uji coba produk baik untuk kelompok kecil juga untuk kelompok besar. Kelima, Evaluasi adalah melakukan uji coba lapangan yang sesungguhnya.