Abstract:
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA yang valid dan praktis terhadap peningkatkan literasi sains peserta didik kelas IV SDN 95/96 Binjai. LKPD yang dikembangkan didesain menggunakan website canva.com dengan penggambaran contoh-contoh kegiatan dalam kehidupan sehari-hari terkait alat indra pada manusia, LKPD yang dikembangkan berbasis literasi sains untuk peserta didik.
LKPD ini disusun dengan menggunakan metode penelitian pengembangan (Research & Development) model ADDIE. Terdapat 5 (lima) tahapan dalam dalam pengembangannya, yaitu (1) tahap analisis (analysis), (2) tahap perancangan produk awal (design), (3) tahap pengembangan produk (development), (4) tahap implementasi produk (implementation), dan (5) tahap evaluasi produk (evaluation). Namun pada penelitian pengembangan ini hanya sampai pada tahap implementasi produk (implementation), dikarenakan keterbatasan waktu dan tenaga.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan produk LKPD diperoleh dari hasil analisis validasi ahli materi yaitu 95,71% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis dari validasi ahli desain media diperoleh 80% dengan kategori valid. Pendidik dan peserta didik memberikan respon positif terhadap LKPD yang dikembangkan, dengan persentase yang diperoleh dari angket respon pendidik yaitu 86% dan peserta didik sebesar 92% dengan kriteria sangat praktis, serta terdapat peningkatan literasi sains peserta didik ditinjau dari uji N-Gain yang memperoleh nilai 0,78 sehingga masuk dalam kategori tinggi.