Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Kesulitan siswa dalam mengaplikasikan konsep operasi hitung didalam kehidupan sehari-hari dan mengetahui faktor apasaja yang menyebabkan kesulitan siswa dalam mengerjakan soal-soal operasi hitung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas VI SDN 117853 Kilang Mili. Dalam teknik pengumpulan data penelitian ini yang digunakan adalah tes, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan Model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) kesulitan siswa dalam mengaplikasikan konsep operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. (2) kesulitan siswa dalam membedakan simbol-simbol matematika. (3) kesulitan siswa dalam mengerjakan soal operasi hitung perkalian dan pembagian. (4) kesulitan siswa mengerjakan soal cerita. (5) upaya guru mengatasi kesulitan siswa dalam mengaplikasikan konsep operasi hitung.