dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media video
animasi dapat berpengaruh terhadap kreativitas siswa atau tidak. Metode
penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian Eskperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas
V SDN 067256 Kecamatan Medan Marelan yang Berjumlah 30 siswa di kelas
kontrol dan 30 siswa di kelas ekperimen. Berdasarkan uji t Post test di ketahui
rata-rata hasil belajar eksperimen sebesar 96,23 dan rata-rata belajar kelas kontrol
sebesar 70,73 sehingga dapat di simpulkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas
eksperimen lebih 25,86 lebih besar dibanding dengan kelas kontrol. Dari tabel
diketahui t hitung sebesar 17, 515 dengan signifikan 0,000. Didapatkan t tabel dari
db 58 pada taraf signifikan 5% adalah 1,671. Jika nilai t hitung > t tabel ( 17,515>
1,671) dan nilai signifikansinya kurang dari 0,05 ( 0,000 < 0,05). Sehingga dapat
di simpulkan bahwa ada pengaruh Video Animasi Terhadap Kreativitas Belajar
IPA Siswa Kelas V Tentang Perubahan Wujud Benda Di SDN 067256 Kecamatan
Medan Marelan. Berdasarkan hasil penelitian ini bagi siswa diharapkan mampu
meningkatkan hasil belajar dengan menumbuhkan minat belajar misalnya dengan
memberikan perhatian yang besar ketika proses pembelajaran berlangsung, berani
mengajukan pertanyaaan, memiliki rasa ingin tahu yang besar. |
en_US |