Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan dapat menjabarkan: 1) bagaimana
Kinerja guru di SMP Swasta Pemda?, 2) bagaimana Analisis Manajamen berbasis
sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMP Swasta Pemda Rantau Prapat?,
dan 3) bagaimana kepemimpinan kepala Sekolah dalam Peningkatkan kinerja
guru di Sekolah SMP Swasta Pemda Rantau Prapat?. Penelitian ini menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif, naturalistik dan teknik triangulasi. Teknik
pengambilan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini
dilakukan selama kurang lebih 4 bulan, dimulai dari bulan April 2021 sampai
dengan bulan Juni 2021. Subjek dan informan penelitian ini adalah Kepala
Sekolah dan beberapa Guru di Sekolah SMP Swasta Pemda Rantau Prapat. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kinerja guru di SMP Pemda Rantau Prapat
dilihat dari kedisiplinan para guru, kepribadian guru, hubungan guru-guru dengan
lingkungan sekolah serta penggunaan metode pembelajaran yang di lakukan oleh
guru-guru. 2) Manajemen Berbasis sekolah dalam peningkatan kinerja guru di
SMP Pemda Rantau Prapat, sudah berjalan baik dilihat dari strategi manajemen
berbasis sekolah yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam hal pembinaan kinerja
guru dalam kegiatan seminar dan pelatihan terhadap guru-guru yang tersusun
dalam perencanaan yang dilihat dari rencana jangka pendek dan jangka panjang
yang telah stersusun sesuai rencana anggaran pendapatan belanja sekolah
(RAPBS). 3) kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di
SMP Pemda Rantau Prapat dalam kemampuan untuk mempengaruhi para guru
dan staff dalam mengarahkan, memotivasi dan kerja sama untuk menjcapai tujuan
sesuai dengan visi dan misi sekolah. Kepemimpinana kepala sekolah SMP Pemda
Rantau Prapat tergolong menerapkan tipe kepemimpinan situasional, yaitu
felksibel dan toleransi dalam memimpin para guru dan staff. Dan memperhatikan
masukan dan kepentingan para guru dan staff dalam pengambilan keputusan