Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : faktor apa yang menyebabkan hasil belajar
rendah, untuk mengetahui faktor apa yang menyebabkan siswa sulit menganalisis pelajaran
bukti transaksi, untuk mengetahui faktor internal dan faktor ekstemal si sma yang
menyebabkan siswa sulit mamahami bukti transaksi. Pendidikan adalah usaha usaha sadar
dan terancam untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik
secara aktif keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serla
keterampilan yang di perlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara. Dalam proses
pembelajaran, alat pembelajaran yang kurang lengkap cenderung menjadikan metode
ceramah yang paling banyakdigunakan sehingga menimbukan kepasifan bagi anak, sehingga
tidakmustahil timbul kesulitan belajar. Hasil analisis faktor diperoleh sembilan faktor yang
mempengaruhi kesulitan belajar yaitu : sumber belajar yang merupakan faktor yang dominan
yang berpengaruh terhadap kesulitan belajar siswa yaitu mencapai 63,31%, diikuti
kemampuan siswa 42,29%, pemenuhan kebutuhan siswa mencapai 31,72%, materi pelajaran
sebesar 19,97%. Untuk faktor lainnya yaitu minat siswa, kegiatan luar siswa dan teman
bergaul secara nyata mempunyai tingkat hambatan yang relatif sama. Untuk minat siswa
sebesar 14,35%, kegiatan luar siswa 13,88% dan faktor teman bergaul mencapai 13,76%.
Besar hambatan untuk faktor disiplin siswa yaitu mencapai 11,83 yang relatif sama dengan
hambatan dukungan dari orang lain sebesar 11,64%.