Abstract:
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui efektivitas penggunaan
pendekatan berbasis TPACK dapat dilihat dari perbedaan hasil belajar siswa yang
menggunakan pendekatan TPACK dan siswa yang tidak menggunakan pendekatan
berbasis TPACK pada pembelajaran tematik kelas V tema 6 subtema 1 SD Swasta
Yakhada kecamatan hamparan perak. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas V yang terdiri atas 44 siswa, sampel penelitian dipilih atas kelas kontrol dan
kelas eksperimen. Pengambilan sampel penelitian pada populasi kelas, kelas V A
sebanyak 23 siswa dan kelas V B sebanyak 21 siswa. Untuk menguji hipotesis
menggunakan analisis uji-t. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes, untuk menganalisis data hasil tes pembelajaran
menggunakan statistic deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil
belajar atau rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 80,9 dan rata-rata post-test
kelas eksperimen sebesar 90. Uji-t pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa t
hitung 2,566 > t tabel 0,018 dalam taraf signifikan 5 %. Sedangkan pada kelas
control menunjukkan bahwa t hitung 2,772 > t tabel 0,012 dalam taraf signifikan 5
%. Dengan demikian kelompok siswa yang mendapatkan perlakuan dengan
menggunakan pendekatan berbasis TPACK memiliki skor rata-rata yang lebih
tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang dalam pembelajarannya tanpa
menggunakan pendekatan berbasis TPACK