Abstract:
Tujuan di tulisnya penelitian ini, untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode
pemberian tugas rumah terhadap hasil belajar siswa kls X pada mata pelajaran pendidikan
agama islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif (ex-post
pacto). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kls X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal yang
Berjumlah 64 siswa.
Hasil dari penelitian menyimpulkan tidak ada pengaruh atau berpengaruh rendah
metode pemberian tugas rumah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam Di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal. Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis
menggunakan rumus chi kuaradrat yang diperoleh 𝑥
2
sebesar 2,0584 di hitung lebih kecil dari
(𝑥
2
) pada taraf signifikansi 5% dengan harga 16,919. Sehingga dalam penelitian yang dilakukan
peneliti pada hipotesis alternatif (Ha) ditolak dan (Ho) diterima, dengan tingkat hubungan sangat
rendah.
Adapun hasil perhitungan koefisien determinasinya pengaruh penggunan metode
pemberian tugas rumah memiliki kontribusi sebesar 20,32%. Dalam mempengaruhi hasil belajar
siswa pada Pendidikan Agama Islam siswa kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal.