Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi dan
beban kerja terhadap kepuasan kerja melalui kompensasi pada karyawan Bank Syariah
Indonesia Kantor Cabang Medan S.Parman. Sampel pada penelitian ini menggunakan
sampel jenuh, dimana semua populasi dijadikan sampel. Sampel pada penelitian ini
berjumlah 45 orang karyawan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan metode angket, sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan analisis statistic SEM-PLS. pengolahan
data pada penelitian ini menggunakan program software SmartPLS 3.3.3. Hasil
penelitian ini membuktikan bahwa secara langsung kompetensi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan kerja, secara langsung beban kerja berpengaruh negatif dan
signifikan terhadap kepuasan kerja, secara langsung kompensasi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan kerja, secara langsung kompetensi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kompensasi, secara langsung beban kerja berpengaruh negatif
namun tidak signifikan terhadap kompensasi, secara tidak langsung kompetensi
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja melalui kompensasi, secara
tidak langsung beban kerja berpengaruh secara negatif namun tidak signifikan terhadap
kepuasan kerja melalui kompensasi pada karyawan Bank Syariah Indonesia Kantor
Cabang Medan S.Parman, dan hasil penelitian ini membuktikan bahwa kompensasi
berperan dalam memediasi pengaruh kompetensi terhadap kepuasan kerja, tetapi
kompensasi tidak berperan dalam memediasi pengaruh beban kerja terhadap kepuasan
kerja.