DSpace Repository

Pengembangan LKPD Matematika Materi Bangun Ruang Berbasis Etnomatika (Melalui Eksplorasi Alat Musik Tradisional Khas Batak Toba

Show simple item record

dc.date.accessioned 2021-12-04T02:03:00Z
dc.date.available 2021-12-04T02:03:00Z
dc.date.issued 2021-10-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16872
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara matematika dan budaya, khususnya dalam alat musik khas Batak dan menghasilkan pengembangan LKPD berbasis etnomatika pada materi bangun ruang dan RPP pada siswa SMP/MTs. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan R & D yang dikemukakan oleh Sugiyono yang meliputi 10 langkah yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi validasi, (6) uji coba produk, (7)revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi pemakaian dan (10) produksi massal, namun penelitian ini hanya sampai uji coba produk. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar validasi RPP dan lembar LKPD matematika. Perolehan hasil rata-rata validasi oleh kedua validator untuk RPP masing-masing bernilai 4,6 dengan kategori sangat baik dan persentase mencapai 92% atau sangat layak dan perolehan hasil rata-rata validasi oleh kedua validator untuk LKPD masing-masing bernilai 4,9 dan 4,7 dengan kategori masing- masing sangat baik dan persentase mencapai 95,3% atau sangat layak. Hasil uji coba LKPD matematika yang dikembangkan disimpulkan telah layak dan mendapatkan respon yang baik dari siswa dengan mendapatkan skor rata-rata 4,7 dan persentase 95,5 % yang artinya sangat layak. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Etnomatematika en_US
dc.subject LKPD en_US
dc.subject Alat Musik Tradisional en_US
dc.subject Bangun Ruang en_US
dc.title Pengembangan LKPD Matematika Materi Bangun Ruang Berbasis Etnomatika (Melalui Eksplorasi Alat Musik Tradisional Khas Batak Toba en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account