Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara matematika dan
budaya, khususnya dalam alat musik khas Batak dan menghasilkan pengembangan
LKPD berbasis etnomatika pada materi bangun ruang dan RPP pada siswa
SMP/MTs. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan
menggunakan model pengembangan R & D yang dikemukakan oleh Sugiyono yang
meliputi 10 langkah yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain
produk, (4) validasi produk, (5) revisi validasi, (6) uji coba produk, (7)revisi
produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi pemakaian dan (10) produksi massal,
namun penelitian ini hanya sampai uji coba produk. Instrument yang digunakan
pada penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar validasi RPP dan lembar
LKPD matematika. Perolehan hasil rata-rata validasi oleh kedua validator untuk
RPP masing-masing bernilai 4,6 dengan kategori sangat baik dan persentase
mencapai 92% atau sangat layak dan perolehan hasil rata-rata validasi oleh kedua
validator untuk LKPD masing-masing bernilai 4,9 dan 4,7 dengan kategori masing- masing sangat baik dan persentase mencapai 95,3% atau sangat layak. Hasil uji
coba LKPD matematika yang dikembangkan disimpulkan telah layak dan
mendapatkan respon yang baik dari siswa dengan mendapatkan skor rata-rata 4,7
dan persentase 95,5 % yang artinya sangat layak.