Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Penerapan pembelajaran tematik yang dilakukan guru dengan menggunakan metode daring dan mengetahui faktor apasaja yang menyebabkan kesulitan siswa dalam melakukan pembelajran tematik secara daring. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (Deskripsi). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar yang terdiri sebanyak dua kelas. Sampel yang dipilih yakni sebanyak Satu kelas dengan jumlah 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Hasil Sub indikator dari kebiasaan belajar menunjukkan siswa dengan persentase 78,6% peserta didik tidak dapat mengerjakan tugas dengan mandiri. Dari indikato r tersebut dapat disimpulkan bahwa kebiasaan belajar pada diri anak dapat menjadi faktor penyebab kesulitan belajar. Keterlibatan orang tua dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru kepada siswa membuat siswa menjadi tidak berkembang dan selalu mengandalkan bantuan orang lain. Faktor eksternal yang dapat menjadi penyebab kesulitan belajar siswa yaitu terdapat di sub indikator sekolah, teman, perhatian orang tua, dan perekonomian.