Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti, bahwa penggunaan
lembar kerja peserta didik (LKPD) sebagai sumber belajar masih mendominasi
ditingkat SMK. Penggunaan LKPD yang masih bersifat klasikal membuat suasana
kelas menjadi monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut Nampak pada
tingkat motivasi siswa yang rendah. Saat ini sudah ada model pembelajaran yang
memanfaatkan teknologi informasi, dan komunikasi dalam pembelajaran yang
disebut e – learning.
Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana tahapan pengembangan
media pembelajaran LKPD matematika model e – learning berbasis web? (2)
Bagaimana kelayakan Produk LKPD matematika model e – learning berbasis
web?
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D) dengan subyek
penelitian siswa kelas XI SMK YWKA Medan. Penelitian ini menggunakan
beberapa instrument diantaranya RPP, lembar validasi dan kuisioner motivasi
belajar.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui pengembangan LKPD matematika
model e – learning berbasis web dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kita
dapat mengetahui bagaimana proses pembuatan LKPD matematika model e –
learning berbasis web.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) tujuan dari
pengembangan LKPD ini untuk memperkenalkan kepada siswa bahwa
matematika bukan merupakan mata pelajaran yang membosankan melainkan mata
pelajaran yang menyenangkan dan menarik. (2) Pengembangan LKPD ini
haruslah dikembangkan lagi, untuk mengetahui apakah pengembangan sudah
sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa.