DSpace Repository

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-modul Dengan Model Discovery Learning pada Pokok Bahasan Statistika

Show simple item record

dc.contributor.author Yulia, Irma
dc.date.accessioned 2021-11-30T16:46:43Z
dc.date.available 2021-11-30T16:46:43Z
dc.date.issued 2021-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16581
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Proses pengembangan bahan ajar berbasis E-modul dengan pendekatan discovery learning pada pokok bahasan statistika. Kelayakan dari bahan ajar berbasis E-modul dengan pendekatan discovery learning pada pokok bahasan statistika. Dan respon siswa terhadap bahan ajar berbasis E-modul dengan pendekatan discovery learning pada pokok bahasan statistika. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluasi. Pengeumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dengan skala 4 yang digunakan untuk melihat kelayakan Emodul dan menggunakan angket kepasa siswa untuk melihat respon mereka. Validator dalam penelitian ini adalah 2 orang dosen yang ahli dibidangnya dan satu orang guru matematika dan untuk subjek dalam penelitian ini adalah 15 orang siswa kelas 9-6 SMP PAB 2 Helvetia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis E-modul pada pokok bahasan statitika layak untuk digunakan diketahui dari hasil validasi oleh ahli materi, ahli media dan hasil angket respon siswa. Dari akumulasi validasi oleh ahli materi diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,87% yang termasuk dalam kategori layak dengan keterangan sangat baik dan untuk akumulasi validasi oleh ahli media bahan ajar berbasis E-modul ini memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,89% yang termasuk dalam kategori layak dengan keterangan sangat baik. Dan untuk hasil respon siswa sendiri, didapat ratarata 85% yang termasuk dalam kategori sangat menarik, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis E-modul pada pokok bahasan statistika ini layak dan sangat baik untuk digunakan kepada siswa. en_US
dc.subject Pengembangan E-modul en_US
dc.subject Discovery Learning en_US
dc.subject Statistika en_US
dc.title Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-modul Dengan Model Discovery Learning pada Pokok Bahasan Statistika en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account