Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Proses pengembangan bahan ajar
berbasis E-modul dengan pendekatan discovery learning pada pokok bahasan
statistika. Kelayakan dari bahan ajar berbasis E-modul dengan pendekatan
discovery learning pada pokok bahasan statistika. Dan respon siswa terhadap
bahan ajar berbasis E-modul dengan pendekatan discovery learning pada pokok
bahasan statistika. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan
(R&D) dengan menggunakan model ADDIE yaitu analysis, design, development,
implementation dan evaluasi. Pengeumpulan data pada penelitian ini
menggunakan angket dengan skala 4 yang digunakan untuk melihat kelayakan Emodul dan menggunakan angket kepasa siswa untuk melihat respon mereka.
Validator dalam penelitian ini adalah 2 orang dosen yang ahli dibidangnya dan
satu orang guru matematika dan untuk subjek dalam penelitian ini adalah 15 orang
siswa kelas 9-6 SMP PAB 2 Helvetia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan
ajar berbasis E-modul pada pokok bahasan statitika layak untuk digunakan
diketahui dari hasil validasi oleh ahli materi, ahli media dan hasil angket respon
siswa. Dari akumulasi validasi oleh ahli materi diperoleh nilai rata-rata sebesar
83,87% yang termasuk dalam kategori layak dengan keterangan sangat baik dan
untuk akumulasi validasi oleh ahli media bahan ajar berbasis E-modul ini
memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,89% yang termasuk dalam kategori layak
dengan keterangan sangat baik. Dan untuk hasil respon siswa sendiri, didapat ratarata 85% yang termasuk dalam kategori sangat menarik, sehingga dapat
disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis E-modul pada pokok bahasan statistika ini
layak dan sangat baik untuk digunakan kepada siswa.