Abstract:
Lembaga Diklat Penerbangan Angkasa Gemilang adalah lembaga diklat yang
bergerak dibidang pendidikan dan pelatihan penerbangan yang sudah berusia
hampir 13 tahun. Peserta diklat adalah mereka yang telah tamat SMA atau
sederajat. Di awal pendirian tahun 2008 sampai dengan 2015 jumlah siswa terus
meningkat, namun pada tahun 2016 sampai 2020 jumlah siswa terus menurun
lebih dari 50% dan ini membahayakan kelangsungan hidup perusahaan. Hal ini
yang mendasari tujuan dilakukannya penelitian yaitu untuk merumuskan strategi
bersaing yang tepat agar dapat digunakan menghadapi persaingan usaha.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan metode
wawancara dan kuesioner langung kepada para narasumber atau responden yang
dipilih sesuai keperluan penelitian baik dari sumber internal, maupun eksternal
yaitu dari praktisi, akademisi maupun pesaing. Analisis dilakukan melalui tahap tahap yaitu tahap input data dengan matriks IFE, EFE, CPM, lalu tahap
pencocokan dengan matriks IE, Grand Strategi, SWOT, lalu tahap keputusan
dengan menggunakan matriks QSPM. Setelah strategi terpilih diketahui
dilakukanlah Implementasinya dengan membuat Kerangka Kerja Logis Jangka
Pendek dan Jangka Panjang. Kesimpulan dari analisis strategi yang dilakukan
adalah bahwa posisi perusahaan berada di kuadran I dengan strategi agresif
dengan strategi terpilihnya adalah Penetrasi pasar dengan melakukan promosi
gencar dan lebih luas dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
secara optimal.