Abstract:
Iklim yang kondusif yang ditandai dengan terciptanya lingkungan fisik
sekolah mencakup lingkungan di dalam dan di luar kelas sebagai tempat
melaksanakan kegiatan pembelajarn di sekolah telah dikelola dengan efektif,
memberikan kenyamanan, kesenangan, kegembiraan, dan kesehatan bagi para
guru dalam bekerja sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan
baik. Lingkungan sosial yang telah dibangun di sekolah adalah mengembangkan
sikap dan perilaku yang baik, para guru menunjukkan sikap dan perilaku yang
simpatik, memberikan dukungan dan motivasi kepada siswa dan memperlihatkan
teladan yang baik. Permasalahan yang ada di sekolah SMA Tamansiswa
Pematangsianta adalah bagaimana pengolaan lingkungan fisik, bagaimana
pengelolaan lingkungan sosial serta bagaimana peran kepala sekolah dalam
pengelolaan iklim sekolah guna mendukung kinerja guru. Ada pun tujuan
penelitian adalah untuk mengetahui pengelolaan fisik, mengetahui pengelolaan
lingkungan sosial serta mengetahui peran kepala sekolah dalam mengelolaan
iklim sekolah guna mendukung kinerja guru di SMA Tamansiswa..Metode
penelitian kualitatip dengan wawancara serta pengumpulan data pengumpul data
yang ada di sekolah SMA Tamansiswa. Hasil penelitian ditemukan bahwa iklim
sekolah memberikan hasil yang baik lingkungan fisik dan sosial dalam
meningkatkan kinerja guru di SMA Tamansiswa Pematangsiantar.