Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis manajemen
pengembangan minat dan bakat siswa SMA Tamansiswa Pematangsiantar,
manajemen yang diteliti terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi
pengembangan minat dan bakat siswa. Secara akademis manfaat penelitian ini
untuk memberikan sumbangsih pengembangan ilmu pengetahuan terutama dalam
hal pengembangan minat dan bakat siswa sehingga mampu menghasilkan prestasi
nasional hingga internasional. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian
ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi
kasus yang bersifat menceritakan dan menggambarkan temuan-temuan nyata yang
ditemukan oleh peneliti.
Hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti berupa profil sekolah, sejarah
sekolah, dan temuan-temuan yang diperoleh melalui observasi berupa fakta, dan
dokumentasi, wawancara, dan data dokumen. Hasil penelitian mendeskripsikan
proses perencanaan pengembangan siswa yang dirancang saat rapat kerja dan
koordinasi sekolah yang laksanakan setiap tahun, lalu dilakukan pelaksanaan yang
dimulai perekrutan siswa untuk memasuki program pengembangan minat dan
bakat siswa berupa ekstrakurikuler, program wajib sekolah, dan klub bidang studi.
Pelaksanaan pengembangan minat dan bakat didasarkan pada pengelompokkan
kemampuan prestasi belajar siswa, dimana siswa berprestasi yang menjadi
prioritas pembinaan masuk perguruan tinggi melalui jalur minat dan bakat.Setelah
dilakukan pelaksanaan maka dilakukan pengawasan dengan memantau setiap
bidang yang dilakukan oleh guru yang diangkat sebagai koordiantor
ekstrakurikuler serta dilalukan pengembangan peserta didik selama mengikuti
kegiatan. Temuan menunjukkan bahwa adanya dampak yang signifikan terhadap
pencapaian tujuan terhadap program pengembangan minat dan bakat siswa
dengan memperhatikan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan secara baik.