Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan kepemimpinan
Perguruan dalam meningkatkan partisipasi kinerja SDM; (2) mendiskripsikan
strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru; (3) mendeskripsikan
tanggapan para gur, kepala sekolah dan pihak perguruan dalam meningkatkan
kinerja perguruan; (4) mendeskripsikan strategi perguruan dalam memberdayakan
SDM untuk meningkatkan kinerja Perguruan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Tempat penelitian di
Perguruan Tamansiswa Cabang Pematangsiantar. Nara sumber penelitian
Pengurus Perguruan, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan Guru.
Pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi.
Keabsahan data menggunakan triangulasi dengan sumber. Teknik analisis data
dengan cara redaksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi.
Hasil kesimpulan menunjukkan : (1) dalam pengambilan keputusan, SDM
perlu dilibatkan; (2) melibatkan SDM dalam perumusan pengembangan sekolah
dengan langkah-langkah; (a) menganalisis kesiapan sekolah dalam bidang SDM,
fasilitas, dan peralatan yang dimiliki Perguruan, dan kondisi eksternal; (b)
menentukan sasaran jangka 5 tahun; dan (c) menentukan indikator keberhasilan.
Dalam meningkatkan kinerja Perguruan yakni keterlibatan SDM dalam
mengembangkan mutu Perguruan dengan mengimplementasikan strategi
kebijakan yang mencakup: (a) membangun keterlibatan dan komunikasi disemua
komponen sekolah dalam mengembangkan mutu Perguruan secara efektif; (b)
fokus pada visi dan misi sekolah yang dibangun berdasarkan kesepakatan dari
seluruh komunikasi sekolah; (c) strategi pengembangan perguruan di buat secara
bersama dengan menerima masukkan dari semua komponen sekolah termasuk
stake holder; (d) mendelegasikan tanggung jawab kepada kepala sekolah, guru
dan SDM; (e) dukungan masyarakat dan kepercayaan di bangun melalui
komunikasi.