Abstract:
Skripsi ini membahas tentang hubungan status sosial ekonomi orang tua dengan kesiapan pembelajaran online siswa di SD IT Yayasan Pendidikan Prima Mandiri Desa Kolam. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kesiapan pembelajaran online siswa. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui status sosial ekonomi orang tua di SD IT Yayasan Pendidikan Prima Mandiri Desa Kolam. Untuk mengetahui kesiapan pembelajaran online siswa di SD IT Yayasan Pendidikan Prima Mandiri Desa Kolam dan untuk mengetahui hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dengan kesiapan pembelajaran online siswa di SD IT Yayasan Pendidikan Prima Mandiri Desa Kolam.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Teknik dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan kuesioner berupa lembar validasi dari validitas instrument status sosial ekonomi orang tua dan kesiapan pembelajaran online siswa. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi produk moment yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : status sosial ekonomi orang tua memiliki nilai rata-rata yaitu 13% berada pada rentang nilai interval ≤61% yang berarti dalam kategori rendah. Kesiapan pembelajaran online siswa memiliki nilai rata-rata 25,2% berada pada rentang nilai interval 20-39,9% yang berarti dalam kategori rendah. status sosial ekonomi orang tua tidak ada hubungannya dengan kesiapan pembelajaran online siswa. Hal ini terlihat dengan tidak adanya perbedaan yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dengan kesiapan pembelajaran online siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikan korelasi produk moment dengan nilai signifikan dari kedua variabel tersebut yaitu sebesar 0,473 ≥ 0,05.