DSpace Repository

Pengembangan Bahan Ajar IPA E-Booklet Berbasis MIKiR Pada Materi Pembelajaran Tata Surya Sebagai Sumber Belajar Secara Daring Di Sekolah Dasar

Show simple item record

dc.contributor.author Perwita Sari, Suci
dc.contributor.author Fahmi Damanik, Nisa
dc.date.accessioned 2021-11-23T02:50:51Z
dc.date.available 2021-11-23T02:50:51Z
dc.date.issued 2021-09-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16177
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi pada saat kegiatan belajar mengajar guru masih menggunakan bahan ajar yang konvensional. Tujuan penelitian ini yaitu untuk: (1) Mengetahui bagaimana pengembangan bahan ajar IPA e-booklet berbasis MIKiR pada materi pembelajaran tata surya sebagai sumber belajar secara daring di sekolah dasar. (2) Mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan bahan ajar IPA e-booklet berbasis MIKiR pada materi pembelajaran tata surya sebagai sumber belajar secara daring di sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini, yaitu model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) define atau pendefinisian; (2) design atau perancangan); (3) develop atau pengembangan; (4) disseminate atau penyebaran. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar IPA e-booklet berbasis MIKiR pada materi pembelajaran tata surya sebagai sumber belajar secara daring di sekolah dasar. Hasil validasi terhadap bahan ajar IPA e-booklet berbasis MIKiR rata-rata 90% untuk ahlli materi 79% untuk validasi ahli desain media dan 87% validasi ahli bahasa artinya bahan ajar IPA e-booklet berbasis MIKiR pada materi pembelajaran tata surya sebagai sumber belajar secara daring di sekolah dasar berada pada kategori valid. Hasil kepraktisan bahan ajar IPA e-booklet berbasis MIKiR pada materi pembelajaran tata surya sebagai sumber belajar secara daring di sekolah dasar untuk respon guru diperoleh nilai rata-rata 84% dan untuk respon siswa diperoleh nilai rata-rata 83% artinya bahan ajar IPA e-booklet berbasis MIKiR berada pada kategori praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar IPA e-booklet berbasis MIKiR pada materi pembelajarn tata surya sebagai sumber belajar secara daring di sekolah dasar telah dinyatakan valid dan praktis. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Bahan ajar IPA e-booklet berbasis MIKiR en_US
dc.subject Sumber belajar en_US
dc.title Pengembangan Bahan Ajar IPA E-Booklet Berbasis MIKiR Pada Materi Pembelajaran Tata Surya Sebagai Sumber Belajar Secara Daring Di Sekolah Dasar en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account