DSpace Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Jarimatika Terhadap Motivasi Belajar Berhitung Perkalian Peserta Didik Secara Visit Home Pada Kelas III SD Yayasan Perguruan IRA Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Syafiah Nasution, Nurul
dc.contributor.author Pratiwi, Indah
dc.date.accessioned 2021-11-23T02:44:14Z
dc.date.available 2021-11-23T02:44:14Z
dc.date.issued 2021-10-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16176
dc.description.abstract Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Penggunaan Metode Jarimatika Terhadap Motivasi Belajar Berhitung Perkalian Peserta Didik Secara Visit Home Pada Kelas III SD Yayasan Perguruan IRA Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan metode jarimatika terhadap motivasi belajar berhitung perkalian peserta didik secara visit home pada kelas III SD Yayasan Perguruan IRA Medan. Permasalahan penelitian adanya pengaruh penggunaan metode jarimatika terhadap motivasi belajar berhitung perkalian peserta didik secara visit home pada kelas III SD Yayasan Perguruan IRA Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III A yang berjumlah 30 siswa dan kelas III B yang berjumlah 30 siswa, jadi dalam penelitian populasi ini berjumlah 60 siwa kelas III SD Yayasan Perguruan IRA Medan. Sedangkan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Yayasan Perguruan IRA Medan berjumlah 60 orang. Yang mana dalam penelitian ini diambil dari siswa kelas III A (Ekserimen) berjumlah 30 orang dan kelas III B (Kontrol) berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket yang berjumlah 10 pernyataan yang berbentuk kuesioner yang sudah dilakukan uji validitas dan realibitas. pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan rumus uji-t test yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa metode jarimatika mempunyai nilai signifikan sebesar 0,00. Maka dapat disimpulkan bahwa jika nilai signifikan 0.00 < 0,05, maka Ha diterima atau terdapat adanya pengaruh penerapan antara metode jarimatika terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan diperoleh rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen adalah sebesar 92. Sedangkan rata-rata motivasi belajar siswa kelas kontrol sebesar 72. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Metode Jarimatika en_US
dc.subject Motivasi Belajar Perkalian en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Metode Jarimatika Terhadap Motivasi Belajar Berhitung Perkalian Peserta Didik Secara Visit Home Pada Kelas III SD Yayasan Perguruan IRA Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account