Abstract:
Fenomena yang kita lihat banyak siswa smp memiliki karakter yang kurang
baik,diantaranya tidak patuhnya pada peraturan sekolah,tidak hormat kepada guru dan
sering berkata tidak sopan kepada sesama teman, . Tujuan dilakukan penelitian ini adalah
untuk mengkaji pola pendidikan pesantren dalam membentuk karakter siswa yang baik di
SMP An-Nadwa Islamic center. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode deskritif kualitatif dengan mengumpulkan dan
mereduksi data, adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Smp An-nadwa Islamic
center mampu membentuk karakter siswa yang baik. Hal ini dapat dilihat dengan adanya
metode pembelajaran pesantren seperti Sorogan,Wetonan atau bandungan, Halaqoh,
Hafalan atau tahfizh, Hiwar atau musyawarah, Bahtsul masa’il (Mudzakaroh), Fathul
Kutub, Muqoronah , Muhawarah atau Muhadatsah. Sejauh ini Pola pendidikan pesantren
yang diterapkan di SMP An-nadwa Islamic center yaitu pendidikannya lebih cenderung
ke pendidikan Agama, Pendidikan Agama adalah pendidikan yang mempersiapkan
peserta didik untuk dapat menjalankan peranan yang menuntut penguasaan pengetahuan
tentang ajaran agama dan menjadi ahli ilmu agama dan mengamalkan ajaran agamanya
yang dikatakan pendidikan pesantren lebih mengutamakan pendidikan Islami , lembaga
pendidikan pesantren juga ikut bertanggung jawab terhadap proses kecerdasan hidupan
bangsa, dan terbentuk moralitas secara integral. Karakter pesantren yang demikian itu
menjadikan pesantren dapat dipandang sebagai institusi yang efektif dalam pembangunan
akhlak.