DSpace Repository

Penerapan Layanan Penguasaan Konten Melalui Model Teams Games Tournament Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Pada Siswa Kelas VIII MTS S Ulumul Qur’an Stabat Tahun Ajaran 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.author Adelia, Dewi
dc.contributor.author Amelia
dc.date.accessioned 2021-10-19T02:20:30Z
dc.date.available 2021-10-19T02:20:30Z
dc.date.issued 2021-08-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15705
dc.description.abstract Layanan penguasaan konten merupakan suatu layanan kepada individu (siswa) baik sendiri maupun dalam kelompok untuk menguasai kemampuan atau kompetensi tertentu melalui kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Layanan Penguasaan Konten Melalui Model Teams Games Tournament Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Pada Siswa Kelas VIII MTS S Ulumul Qur’an Stabat Tahun Ajaran 2020/2021. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 2 MTS S Ulumul Qur’an Stabat. Dari 26 siswa, yang menjadi objek yang mengalami kejenuhan belajar ialah berjumlah 12 siswa. Penentuan sumber data dilakukan dengan teknik Purposive Sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber data berdasarkan pertimbangan dan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah Pada saat sebelum dilakukan layanan penguasaan konten dengan model Teams Games Tournament siswa cenderung bosan, malas berfikir dan jenuh dalam mengikuti pembelajaran. Namun setelah diterapakan layanan pertama penguasaan konten yang pertama didapatkan hasil bahwa siswa menjadi lebih antusias mengikuti pembelajaran. Siswa tidak lagi mengantuk, berbicara dengan teman atau melakukan hal yang dirasa asik sendiri. Pada pertemuan kedua, kejenuhan belajar sudah tidak lagi terasa sebab siswa lebih aktif dan menantikan jenis permainan apalagi yang akan peneliti bawakan dalam pertemuan kali ini. Siswa lebih mempersiapkan diri dan merefleksi kembali pelajaran sebelumnya agar bisa menjawab pertanyaan yang ada di depan kelas sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik, menyenangkan dan tidak membosankan. Setelah dilakukan dua kali pertemuan layanan penguasaan konten dengan model Teams Games Tournament ini, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa Layanan Penguasaan Konten Melalui Model Teams Games Tournament Dapat Mengatasi Kejenuhan Belajar Pada Siswa Kelas VIII MTS S Ulumul Qur’an Stabat Tahun Ajaran 2020/2021 en_US
dc.subject Layanan Penguasaan Konten en_US
dc.subject MTSModel Teams Games Tournament en_US
dc.subject S Ulumul Qur’an Stabat en_US
dc.title Penerapan Layanan Penguasaan Konten Melalui Model Teams Games Tournament Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Pada Siswa Kelas VIII MTS S Ulumul Qur’an Stabat Tahun Ajaran 2020/2021 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account