Abstract:
Layanan penguasaan konten merupakan suatu layanan kepada individu (siswa)
baik sendiri maupun dalam kelompok untuk menguasai kemampuan atau
kompetensi tertentu melalui kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui Penerapan Layanan Penguasaan Konten Melalui Model Teams Games
Tournament Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Pada Siswa Kelas VIII MTS S
Ulumul Qur’an Stabat Tahun Ajaran 2020/2021. Objek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VIII 2 MTS S Ulumul Qur’an Stabat. Dari 26 siswa, yang
menjadi objek yang mengalami kejenuhan belajar ialah berjumlah 12 siswa.
Penentuan sumber data dilakukan dengan teknik Purposive Sampling yaitu teknik
pengambilan sampel sumber data berdasarkan pertimbangan dan tujuan tertentu.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil
yang didapat dalam penelitian ini adalah Pada saat sebelum dilakukan layanan
penguasaan konten dengan model Teams Games Tournament siswa cenderung
bosan, malas berfikir dan jenuh dalam mengikuti pembelajaran. Namun setelah
diterapakan layanan pertama penguasaan konten yang pertama didapatkan hasil
bahwa siswa menjadi lebih antusias mengikuti pembelajaran. Siswa tidak lagi
mengantuk, berbicara dengan teman atau melakukan hal yang dirasa asik sendiri.
Pada pertemuan kedua, kejenuhan belajar sudah tidak lagi terasa sebab siswa lebih
aktif dan menantikan jenis permainan apalagi yang akan peneliti bawakan dalam
pertemuan kali ini. Siswa lebih mempersiapkan diri dan merefleksi kembali
pelajaran sebelumnya agar bisa menjawab pertanyaan yang ada di depan kelas
sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik, menyenangkan dan tidak
membosankan. Setelah dilakukan dua kali pertemuan layanan penguasaan konten
dengan model Teams Games Tournament ini, peneliti dapat menarik kesimpulan
bahwa Layanan Penguasaan Konten Melalui Model Teams Games
Tournament Dapat Mengatasi Kejenuhan Belajar Pada Siswa Kelas VIII
MTS S Ulumul Qur’an Stabat Tahun Ajaran 2020/2021