Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : faktor-faktor yang mempengaruhi
kesulitan belajar akuntansi siswa SMK Swasta Istiqlal Delitua tahun ajaran
2019/2020. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas XI Akt SMK Swasta Istiqlal Delitua sebanyak 36 orang. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian Ini yaitu Angket dan sebelum digunakan terlebih
dahulu dilakukan Uji Validitas menggunakan rumus kolerasi product moment
dimana pernyataan yang divaliditas sebanyak 22 pernyataan, yang valid hanya 21
pernyataan dan satu tidak valid. Teknik Analisis Data Yang Digunakan Untuk
Penelitian Ini Adalah Analisis Faktor. Berdasarkan hasil penelitian data yang
diperoleh bahwasanya : Terdapat tiga faktor internal yang menjadi pengaruh
kesulitan belajar akuntansi siswa SMK Swasta Istiqlal delitua kelas XI Akt tahun
ajaran 2019/2020 secara berurutan meliputi Faktor Kebiasaan Belajar dengan nilai
eigenvalue 6,806 sebesar dan nilai persentase varians sebesar 32,4%, Faktor
Motivasi Belajar dengan nilai eigenvalue sebesar 2,883 dan nilai varians sebesar
13,7%, Faktor Minat Belajar dengan nilai eigenvalue sebesar 1,964 dan nilai
varians sebesar 9,3% dan terdapat empat faktor eksternal yang menjadi pengaruh
kesulitan belajar akuntansi siswa SMK Swasta Istiqlal Delitua kelas XI Akt di
Medan tahun ajaran 2019/2020 secara berurutan meliputi Faktor teman bergaul
dengan nilai eigenvalue sebesar 1,575 dan nilai persentase varians sebesar 7,4%,
Faktor guru dengan nilai eigenvalue sebesar 1,370 dan nilai persentase varians
sebesar 6,5%, Faktor lingkungan sekolah dengan nilai eigenvalue sebesar 1,140
dan nilai varians sebesar 5,4%, Faktor orangtua dengan nilai eigenvalue sebesar
1,065 dan nilai persentase varians sebesar 5,0%