Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan informasi
yang diberikan oleh guru bimbingan konseling kepada siswa, untuk mengetahui
kepribadian melankolis positif siswa, dan untuk mengetahui adanya pengaruh
layanan informasi terhaddap kepribadian melankolis positif siswa SMP
Muhammadiyah 02 Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021.
Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 02 Medan jl.Pahlawan
No. 67 Pahlawan Medan Perjuangan. Adapun populasi yang digunakan pada
penelitian ini adalah siswa Kelas VII yang berjumlah 104 Siswa. Dan sampel yang
diambil dalam penelitian ini adalah 26 Siswa.
Berdasarkan hasil penelitian analisis data diketahui bahwa adanya
pengaruh yang signifikan antara layanan informasi terhadap kepribadian
melankolis positif siswa. Hal ini didasarkan pada uji Regresi Linier Sederhana
yaitu uji koefisien korelasi yang diperoleh t hitung = 6,14 t tabel = 2,064
dalamtarafsignifikansi 5 %, menunjukkan t hitung > t tabel berarti Ha
diterimadanHo ditolak. Sehingga terdapat adanya hubungan anatar layanan
informasi terhadap kepribadian melankolis positif siswa sebesar 61%. Maka dapat
dikatakan layanan informasi yang diberikan pada siswa SMP Muhammadiyah 02
Medan masih sangat lemah.