Abstract:
Bimbingan Kelompok adalah proses pemberian bantuan kepada individu melalui
suasana kelompok (dinamika kelompok yang memungkinkan setiap anggota
untuk berpartisipasi aktif dan berbagai pengalaman dalam upaya pengembangan
wawasan, sikap dan keterampilan yang diperlukan dalam upaya mencegah
timbulnya masalah atau dalam upaya pengembangan pribadi. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana bimbingan kelompok meningkatkan etika
berbicara siswa dengan guru di kelas VIII-2 SMP Dharma Pancasila Medan
Tahun Ajaran 2020/2021.Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2
berjumlah 8 orang siswa. 4 orang siswa laki-laki dan 4 orang siswa perempuan.
Instrumen yang digunakan adalah non-tes berupa wawancara dan observasi. Hasil
Penelitian menunjukkan bahwa Penerapan layanan bimbingan kelompok yang
pertama pada siswa kelas VIII-2 SMP Dharma Pancasila Tahun Ajaran
2020/2021 berjalan dengan baik dan siswa dapat mulai meningkatkan etika
berbicara sendiri ketika berbicara dengan gurunya. Beberapa siswa mulai
menunjukkan peningkatan dalam beretika berbicara meski tidak terlalu
signifikan.Penerapan layanan bimbingan kelompok yang kedua menunjukkan
hasil yang lebih baik lagi, siswa menunjukkan perilaku dan etika yang sopan dan
santun, siswa juga mengakui bahwa perilaku mereka yang awalnya kurang baik
semakin membaik dari sebelumnya.Setelah dilakukannya bimbingan kelompok
sebanyak dua kali pada siswa siswa kelas VIII-2 SMP Dharma Pancasila Tahun
Ajaran 2020/2021 dan berdasarkan peningkatan etika berbicara maka dapat
disimpulkan Layanan Bimbingan Kelompok Mampu Untuk Peningkatan
Etika Berbicara VIII-2 SMP Dharma Pancasila Tahun Ajaran 2020/2021.