Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dampak dari pendekatan
pemasaran dimasa pandemi covid-19 terhadap kinerja UMKM dengan teknologi
sebagai variabel moderator dengan subjek penelitian di perbengkelan Jalan
Mahkamah kota Medan. Tesis ini menggunakan pendekatan analisis asosiatif dan
kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengusaha bengkel yang berada
di jalan Mahkamah Medan. Sampel jenuh yaitu keseluruhan populasi sebanyak
100 responden menjadi sampel penelitian ini. Pendekatan pengumpulan data telah
diuji validitas dan reliabilitasnya dengan pelaporan, wawancara, dan kuesioner.
Metode Structural Equation Model (SEM) dengan metode alternatif Partial Least
Square (PLS) merupakan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dengan nilai 0,767 dan P-value 0,0033,
pengaruh produksi terhadap kinerja UMKM adalah positif dan signifikan. (2)
Dengan hasil 0,000 (<0,05), teknologi memoderasi dampak produksi terhadap
kinerja UMKM secara positif dan signifikan. (3) produksi terhadap kinerja
UMKM positif dan signifikan dengan nilai 0,468 dan P-Value 0,042 (4) positif
dan signifikan antara pengaruh distribusi terhadap kinerja UMKM yang
dimoderasi oleh teknologi memperlihatkan hasil 0,030 (<0,05) (5) positif dan
dignifikan antara pemasaran langsung terhadap kinerja UMKM dengan nilai -
0,265 dan P-Value 0,000. (6) positif dan signifikan pengaruh pemasaran langsung
terhadap kinerja UMKM yang dimoderasi oleh teknologi memperlihatkan hasil
0,000 (<0,05) .