Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa menentukan
struktur teks laporan hasil observasi dengan model pembelajaran inkuiri, kemudian
untuk mengetahui kemampuan siswa menentukan struktur teks laporan hasil
observasi dengan model konvensional. Tujuan akhir penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh Model pembelajaran inkuiri terhadap Kemampuan Menentukan
Struktur Teks Laporan Hasil Observasi Oleh Siswa Kelas X SMA Swasta YPK
Medan Tahun Pembelajaran 2015-2016.
Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta YPK Medan di kelas X. Populasi
dalam penelitian ini berjumlah 157 siswa dan sampel diambil secara Total sampling
class (sampel total), siswa yang ada di kelas Xmia-I berjumlah 40 siswa, Xmia-II
berjumlah 39 siswa, Xiis-I berjumlah 39 dan Xiis-II berjumlah 39 siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen,
dengan model pembelajaran inkuiri pada kelas eksperimen dan model konvensional
pada kelas kontrol. Penelitian ini menunjukan pengaruh suatu model pembelajaran
terhadap hasil belajar siswa menentukan struktur teks laporan hasil observasi, dengan
model ini peneliti menggunakan harga pada Ttabel sebagai langkah–langkah dalam
mengelola hasil data yang diperoleh siswa. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah tes esai menentukan struktur teks laporan hasil observasi.
Penelitian yang dilakukan pada kelas eksperimen menunjukan 26 siswa
mendapat nilai baik sekali dengan presentase 26%, 13 siswa mendapat nilai baik
dengan presentase 32,5%, 1 siswa mendapat nilai gagal dengan presentase 2,5%.
Sedangkan pada kelas kontrol menunjukan 6 siswa mendapat nilai baik sekali dengan
presentase 15,4%, 17 siswa mendapat nilai baik dengan presentase 43,6%, 7 siswa
mendapat nilai cukup dengan presentase 17,9%, 4 siswa mendapat nilai kurang
dengan presentase 5,2% dan 3 siswa mendapat nilai gagal dengan presentase 7,7%
maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara
kemampuan siswa menentukan struktur teks laporan hasil observasi yang diajarkan
dengan menggunakan model pembelajaran inquiri dan menggunakan model
konvensional, Hal ini dilihat dari perbandingan nilai rata-rata pada tingkat sangat baik
yaitu pada kelas eksperimen adalah 84,1 (mean) dan pada kelas kontrol 65,4 (mean).
Selanjutnya dalam pengujian hipotesis diperoleh harga thitung > ttabel yaitu ( 5,807 >
1,664 ) artinya model pembelajaran inkuiri memiliki pengaruh terhadap kemampuan
menentukan struktur teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas X SMA Swasta
YPK Medan Tahun Pembelajaran 2015-2016.