Abstract:
Layanan informasi adalah kegiatan memberikan pemahaman kepada individuindividu
yang berkepentingan tentang berbagai hal yang diperlukan untuk
menjalani suatu tugas atau kegiatan,untuk menentukan arah suatu tujuan atau
rencana yang dikehendaki. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
kompetensi sosial siswa melalui layanan informasi di kelas XI SMA Yayasan
Pendidikan Keluarga Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil
observasi saat proses kegiatan belajar didalam kelas sehingga diperoleh informasi
bahwa masih terdapat siswa di kelas XI SMA YPK Medan yang memiliki sikap
dan perilaku yang menunjukan kurang dalam kompetensi sosial, seperti tidak
dapat bekerja sama dengan teman-temannya,tidak mampu dalam berkomunikasi
dan berinteraksi secara efektif pada pelaksanaan proses pembelajaran serta
masyarakat sekitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
dekskriftif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara dan
observasi. Kemudian teknik analsis data yang digunakan adalah pengumpulan
data, mereduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Subjek dalam
penelitian ini adalah 106 orang siswa kelas XI, guru BK, kepala sekolah, serta
peneliti sendiri. Sedangkan objek penelitian adalah 26 orang siswa. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Setelah dilakukannya layanan informasisebanyak
dua kali pada siswa siswa kelas XI SMA Yayasan Pendidikan Keluarga Medan
Tahun Ajaran 2019/2020 dan berdasarkan peningkatan kompetensi sosial siswa
pada enam indikator kompetensi sosial yang digunakan pada penelitian ini
(Berkomunikasi Aktif, Merespon positif ketika diberikan motivasi oleh orang
lain, Mengikuti peran sosial, harmonis dengan orang lain, mampu berbagi dan
tidak suka bertengkar) maka dapat disimpulkan layanan informasi efektif untuk
peningkatan kompetensi sosial siswa kelas XI SMA Yayasan Pendidikan
Keluarga Medan Tahun Ajaran 2019/2020.