Abstract:
Quantum Learning adalah pengajaran yang dapat mengubah suasana belajar
yang menyenangkan serta mengubah susasana belajar yang menyenangkan
serta mengubah kemampuan dan bakat alamiah siswa menjadi sesuatu yang
akan bermanfaat bagi mereka sendiri dan bagi orang lain. Quantum
learning merupakan suatu pembelajaran yang mempunyai misi utama untuk
mendesain suatu proses belajar yang menyenangkan yang disesuaikan
dengan tingkat perkembangan siswa. Interaksi-interaksi ini mencakup unsurunsur
untuk
belajar
efektif
yang
yang
mempengaruhi
kesuksesan
siswa.
Adapun
tujuan
penelitian
ini
adalah
untuk
meningkatkan
motivasi
belajar
siswa.
Penelitian
ini
dilaksanakan
di
SMA
N
1
Padang
Bolak
Tahun
Ajaran
2019/2020,
yang
berlamat
berada
di
Jl.
Kihajar
Dewantara
No.50
Gunungtua
Propinsi
Sumatera
Utara.
Metode
yang
digunakan
dalam
penelitian
ini
adalah
kualitatif
dengan
Populasi
dan
Sampel
penelitian
adalah:
siswa
kelas
XI
untuk
dapat
meningkatkan
motivasi
belajar
siswa.
Proses
pengambilan
data
dilakukan
selama
dua
minggu
yakni
pada
bulan
Juli
2019,
dengan
teknik
pengumpulan
data,
wawancara,
observasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan:
meningktakan motivasi belajar siswa dengan metode quantum learning yang
dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling sudah berjalan dengan
optimal. Motivasi belajar siswa meningkat setelah diberikannya Layanan
Informasi dengan metode quamtum learning yang diberikan guru bimbingan
dan konseling sudah benar mengalami perubahan dengan demikian
bimbingan dan konseling sangat berperan.