Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan,
serta evaluasi dan kendala dalam penggunaan model pembelajaran partisipatori.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang didasarkan pada
paradigma kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
deskriptif analisis yaitu penelitian. Teknik pengumpulan data yang disajikan
berupa teknik observasi, wawancar (interview) serta dokumentasi. Tahapan
analisis data yang digunakan peneliti adalah berupa reduksi data, penyajian data,
serta verifikasi data. Hasil pengembangan metode pembelajaran partisipatori
merupakan rancangan yang dilakukan untuk mendeskripsikan keterampilan siswa
dalam berinteraksi dalam pembelajaran yang disajikan oleh guru dengan
menggunakan metode pembelajaran partisipatori tersebut. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas IX di MTs Muhammadiyah 15 Medan yang berjumlah 28
orang. Dengan perencanaan, pelaksanaan dapat dilaksanakan dengan baik, maka
dapat mengevaluasi siswa dengan memberikan penilaian.