Abstract:
Permasalahan dalam penulisan ini adalah Apakah penggunaan layanan Rasional
Emotif Terapi dengan Konseling Individual dapat mengurangi rasa rendah diri
siswa kelas VIII MTs Islamiyah Medan. Metode ya dilakukan dalam penelitian ini
adalah metode penelitian kualitatif. Objek penelitian ini sebanyak 3 orang siswa
kelas VIII yang mengalami rasa rendah diri, sedangkan jumlah siswa kelas VIII
adalah 53 orang siswa. Instrument dalam penelitian ini adalah observasi dan
wawancara dengan wali kelas, guru bimbingan konseling serta siswa kelas VIII
MTs Islamiyah. Jadi hasil penelitian atau penerapan pendekatan rasional emotif
terapi dengan konseling individual yang diberikan pada siswa adalah siswa yang
mengalami rendah diri (minder) dapat diberi konseling individual. Mengurangi
rasa rendah diri siswa setelah dilaksanakan layanan konsleing individual dengan
pendekatan rasional emotif terapi. Dengan demikian penggunaan pendekatan
Rasional Emotif Terapi dengan layanan konsleing individual dapat mengurangi
rasa rendah diri siswa kelas VIII MTs Islamiyah, hal ini dapat dilihat dengan
siswa yang mengalami rasa rendah diri telah mau menerima keadaan dirinya dan
mulai mau berteman dan bergabung dengan teman sekelasnya yang mengarah
pada peningkatan berkurangnya rasa rendah diri yang dialami siswa.