DSpace Repository

Pengaruh Pembelajaran Inquiring Minds Want To Know Terhadap Kemampuan Menganalisis Teks Prosedur Kompleks Oleh Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2016- 2017. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Show simple item record

dc.contributor.author Nasution., Yunita Sari
dc.date.accessioned 2020-11-19T03:40:05Z
dc.date.available 2020-11-19T03:40:05Z
dc.date.issued 2017-03-17
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13662
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menganalisis teks prosedur kompleks dengan menggunakan model pembelajaran inquiring minds want to know dan metode konvensional oleh siswa kelas X SMK Negeri 4 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2016-2017, serta untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh model pembelajaran inquiring minds want to know terhadap kemampuan menganalisis teks prosedur kompleks oleh siswa kelas X SMK Negeri 4 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2016-2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 4 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2016-2017 yang terdiri dari 149 siswa dalam 9 kelas, sedangkan sampel penelitian ini diambil secara random kelas sebanyak dua kelas, yaitu kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 orang dan kelas X Multimedia sebagai kelas kontrol yang berjumlah 19 orang siswa. Metode penelitian adalah metode eksperimen. Tes yang digunakan dalam penelitian adalah tes esai menggunakan teks. yaitu tes yang penugasannya menganalisis unsur-unsur teks prosedur kompleks. Berdasarkan analisis data, kemampuan menganalisis teks prosedur kompleks dengan model pembelajaran inquiring minds want to know rata-rata 76,3 termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini disebabkan sebelum siswa menganalisis teks prosedur kompleks, terlebih dahulu siswa diberikan perlakuan berupa pembelajaran yang merangsang rasa ingin tahu siswa. Sedangkan kemampuan siswa menganalisis teks prosedur kompleks dengan model pembelajaran konvensional dalam kategori kurang baik dengan ratarata 56,6. Hal ini disebabkan karena siswa kurang termotivasi atau kurang aktif dalam proses pembelajaran yang akhirnya menyebabkan kurangnya kemampuan menganalisis teks prosedur kompleks oleh siswa. Selanjutnya, proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inquiring minds want to know berpengaruh positif terhadap kemampuan menganalisis teks prosedur kompleks sesuai perhitungan dengan uji “t” diperoleh nilai thitung> ttabel pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan dk = (N1 + N2) – 2 = 37 yaitu 17,5814> 0,3250. Sehingga Ha dinyatakan benar dan diterima. Hal ini berarti model pembelajaran inquiring minds want to know berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan menganalisis teks prosedur kompleks pada siswa kelas X SMK Negeri 4 tahun pembelajaran 2016- 2017 en_US
dc.subject Pengaruh Pembelajaran en_US
dc.subject Inquiring Minds Want To Know en_US
dc.subject Menganalisis Teks Prosedur Kompleks en_US
dc.title Pengaruh Pembelajaran Inquiring Minds Want To Know Terhadap Kemampuan Menganalisis Teks Prosedur Kompleks Oleh Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2016- 2017. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account