Abstract:
Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif, dimana penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui strategi apa yang tepat digunakan oleh sebuah perusahaan. Dengan menggunakan
analisis SWOT, penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang menggeluti dibidang
perkebunan kelapa sawit yaitu pada PT. Sapta Sentosa Jaya Abadi Medan (Palm Oil Mill &
Plantation).
Data yang diperolah dari hasil data primer, data sekunder. Beberapa metode pengujian
yang merupakan langkah-langkah dari uji analisis SWOT, diantaranya yaitu dengan
menggunakan Matriks IFAS, Matriks EFAS, serta Diagram SWOT. Nilai hasil dari uji
matriks IFAS (2,7) digunakan sebagai sumbuh X (horizontal) pada diagram SWOT dan nilai
hasil uji matriks EFAS (2,80) digunakan sebagai sumbuh Y (vertikal) pada diagram SWOT.
Hasil pengaplikasian nilai hasil uji matriks IFAS dan matriks EFAS pada diagram SWOT
menerangkan bahwa perusahaan berada pada daerah I, dimana pada daerah tersebut
menggambarkan bahwa faktor-faktor internal perusahaan dalam keadaan kuat.
Hasil analisis SWOT yang digambarkan dengan menggunakan diagram SWOT
menunjukan kondisi perusahaan berada pada Kuadran I, dimana hal tersebut berarti bahwa
PT. Sapta Sentosa Jaya Abadi Medan (Palm Oil Mill & Plantation) berada pada posisi
Growth (berkembang) dan strategi yang dapat dilakukan yaitu strategi pengembangan pasar
dan strategi pengembangan produk. Dengan demikian, strategi pemasaran yang dapat
diterapkan oleh PT. Sapta Sentosa Jaya Abadi Medan (palm Oil Mill & Plantation) adalah
Strategi Agresif, yaitu perusahaan harus mampu mengembangkan kekuatan yang ada dan
meningkatkan serta mempertahankan peluang yang ada.