DSpace Repository

Pengaruh Model Project Based Learning (Pembelajaran Berbasis Proyek)dalam Kemampuan Menulis Tajuk Rencana oleh Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Medan Tahun Pembelajaran 2015-2016.

Show simple item record

dc.contributor.author Hanti, Ari
dc.date.accessioned 2020-11-19T02:33:10Z
dc.date.available 2020-11-19T02:33:10Z
dc.date.issued 2016-04-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13585
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (pembelajaran berbasis proyek) dalam kemampuan menulis tajuk rencana dna mendeskripsikan apakah model project based learning lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah oleh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Medan Tahun pembelajaran 2015-2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan design posttest only design, yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mencari pengaruh antara dua variabel dengan menggunakan satu kali postes. Instumen yang digunakan peneliti untuk mengukur keberhasilan model ini adalah tes esai menulis tajuk rencana. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Medan yang berjumlah 86 siswa yang tersebar dalam 3 kelas, dimana tiap kelas terdiri dari 26 siswa kelas VIIIa ( kelas ekperimen ), 20 siswa kelas VIIIb dan 40 siswa kelas VIIIc ( kelas kontrol ). Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 72,92 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 61,95, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model project based learning (pemebelajaran berbasis proyek) lebih efektif dalam kemampuan menulis tajuk rencana oleh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Medan Tahun Pembelajaran 2015-2016. Hal ini terbukti dengan uji statistik yang dilakukan. Berdasarkan uji-t, dengan membandingkan thitung dengan ttabel diperoleh thitung > ttabel yaitu 53,93 lebih besar dari 1,663 dengan demikian HO di tolak Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh model Project based learning dalam Kemampuan Menulis Tajuk Rencana oleh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Medan Tahun Pembelajaran 2015-2016. en_US
dc.subject Pengaruh Model Project Based Learning en_US
dc.title Pengaruh Model Project Based Learning (Pembelajaran Berbasis Proyek)dalam Kemampuan Menulis Tajuk Rencana oleh Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Medan Tahun Pembelajaran 2015-2016. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account