DSpace Repository

Penggunaan Pendekatan Kolaboratif Tipe Temas Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Pada Siswa SMP PAB 2 Helvetia T.P 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Suraida
dc.date.accessioned 2020-11-19T02:19:21Z
dc.date.available 2020-11-19T02:19:21Z
dc.date.issued 2016-02-18
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13565
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas penggunaan pendekatan kolaboratif tipe temas games tournament (TGT) efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran dan apakah penggunaan pendekatan kolaboratif tipe temas games tournament (TGT) efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII-2 SMP PAB 2 Helvetia T.P 2015/2016. Tujuan dalam penelitian yang akan dilakukan peneliti adalah untuk mengetahui apakah penggunaan pendekatan kolaboratif tipe temas games tournament (TGT) efektif untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa di kelas VIII-2 SMP PAB 2 Helvetia T.P 2015/2016 dan untuk mengetahui bagaimana keaktifan belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan kolaboratif tipe temas games tournament (TGT)di kelas VIII-2 SMP PAB 2 Helvetia T.P 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP PAB 2 Helvetia T.P 2015/2016 yang terdiri dari 40 orang siswa. Objek penelitian ini adalah efektivitas penggunaan pendekatan kolaboratif tipe temas games tournament (TGT) dalam meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi yang dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran matematika. Data pada tingkat keaktifan belajar dari hasil observasi siswa secara klasikal dengan sebelum menggunakan pendekatan kolaboratif tipe temas games tournament (TGT) rata – rata skor keaktifan belajar siswa adalah 82,06 dan simpangan baku adalah 64,21. Kemudian setelah menggunakan pendekatan kolaboratif tipe temas games tournament (TGT) rata – rata skor keaktifan belajar siswa adalah 148,44 dan simpangan baku adalah 73,2. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan dengan uji t diperoleh thitung = 2,75 dan ttabel = 1,697 untuk taraf nyata α = 0,05. Hal ini menunjukan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,75 > 1,697 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa belajar matematika menggunakan pendekatan kolaboratif tipe temas games tournament (TGT) pada siswa SMP PAB 2 Helvetia T.P 2015/2016 efektif ditinjau dari keaktifan belajar siswa dalam mengelola pembelajaran. en_US
dc.subject Penggunaan Pendekatan Kolaboratif Tipe Temas Games Tournament en_US
dc.title Penggunaan Pendekatan Kolaboratif Tipe Temas Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Pada Siswa SMP PAB 2 Helvetia T.P 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account