Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas
penggunaan pendekatan kolaboratif tipe temas games tournament (TGT) efektif
dalam meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa pada pokok bahasan
lingkaran dan apakah penggunaan pendekatan kolaboratif tipe temas games
tournament (TGT) efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa
pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII-2 SMP PAB 2 Helvetia T.P 2015/2016.
Tujuan dalam penelitian yang akan dilakukan peneliti adalah untuk mengetahui
apakah penggunaan pendekatan kolaboratif tipe temas games tournament (TGT)
efektif untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa di kelas VIII-2 SMP
PAB 2 Helvetia T.P 2015/2016 dan untuk mengetahui bagaimana keaktifan belajar
matematika siswa dengan menggunakan pendekatan kolaboratif tipe temas games
tournament (TGT)di kelas VIII-2 SMP PAB 2 Helvetia T.P 2015/2016.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP PAB 2 Helvetia T.P
2015/2016 yang terdiri dari 40 orang siswa. Objek penelitian ini adalah efektivitas
penggunaan pendekatan kolaboratif tipe temas games tournament (TGT) dalam
meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran.
Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi yang
dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran matematika.
Data pada tingkat keaktifan belajar dari hasil observasi siswa secara klasikal
dengan sebelum menggunakan pendekatan kolaboratif tipe temas games tournament
(TGT) rata – rata skor keaktifan belajar siswa adalah 82,06 dan simpangan baku
adalah 64,21. Kemudian setelah menggunakan pendekatan kolaboratif tipe temas
games tournament (TGT) rata – rata skor keaktifan belajar siswa adalah 148,44 dan
simpangan baku adalah 73,2. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan dengan uji t
diperoleh thitung = 2,75 dan ttabel = 1,697 untuk taraf nyata α = 0,05. Hal ini menunjukan
bahwa thitung > ttabel yaitu 2,75 > 1,697 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini
menunjukkan bahwa belajar matematika menggunakan pendekatan kolaboratif tipe
temas games tournament (TGT) pada siswa SMP PAB 2 Helvetia T.P 2015/2016
efektif ditinjau dari keaktifan belajar siswa dalam mengelola pembelajaran.