DSpace Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi terhadap Kemampuan Berpikir Siswa Kelas X SMK Bina Satria Tahun Pembelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Hanum, Witri
dc.date.accessioned 2020-11-18T05:27:39Z
dc.date.available 2020-11-18T05:27:39Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13218
dc.description.abstract Adapun yang menjadi rumusan dalam masalah ini adalah Apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi terhadap Kemampuan Berpikir Siswa Kelas X-2 TKJ Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di SMK Bina Satria Tahun Pembelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi terhadap Kemampuan Berpikir Siswa Kelas X-2 TKJ Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di SMK Bina Satria Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Bina Satria Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari enam kelas yang berjumlah 271 siswa, maka sampel pada penelitian ini di kelas X-2 TKJ yang berjumlah 32 siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah Tes dan Angket. Data yang digunakan dengan menggunakan angket skala likert yang telah diuji validitas dan reabilitasnya sebanyak 10 item pertanyaan (Post test) Model Pembelajaran Artikulasi (Variabel X), dan 15 item pertanyaan dengan menggunakan angket Kemampuan Berpikir (Variabel Y). Data Uji Instrument Angket (Variabel Y) diolah dengan menggunakan teknik analisis product moment dari analisis data diperoleh nilai korelasi dengan nilai sebesar 0,605, dengan demikian terdapat hubungan derajat reabilitas suatu angket tinggi. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh hasil perhitungan koefisien korelasi rhitung = 0,605 > rtabel = 0,349 , hal tersebut menunjukkan bahwa adanya Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi terhadap Kemampuan Berpikir Siswa. Dari hasil penelitian ini diperoleh thitung = 5,273 sedangkan ttabel dengan taraf signifikan 5% dengan dk 32-2 =30 diperoleh nilai sebesar 1,697. Dengan demikian thitung > ttabel (5,273 > 1,697) maka Ha diterima Ho ditolak, sehingga terbukti secara signifikan terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi terhadap Kemampuan Berpikir Siswa Kelas X-2 TKJ Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di SMK Bina Satria Tahun Pembelajaran 2016/2017. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Artikulasi dan Kemampuan Berpikir en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi terhadap Kemampuan Berpikir Siswa Kelas X SMK Bina Satria Tahun Pembelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account