Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan dalam masalah ini adalah Apakah ada
Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi terhadap Kemampuan Berpikir Siswa
Kelas X-2 TKJ Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di SMK Bina
Satria Tahun Pembelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi terhadap Kemampuan
Berpikir Siswa Kelas X-2 TKJ Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
Di SMK Bina Satria Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan
di SMK Bina Satria Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian
ini terdiri dari enam kelas yang berjumlah 271 siswa, maka sampel pada
penelitian ini di kelas X-2 TKJ yang berjumlah 32 siswa. Instrument penelitian
yang digunakan adalah Tes dan Angket. Data yang digunakan dengan
menggunakan angket skala likert yang telah diuji validitas dan reabilitasnya
sebanyak 10 item pertanyaan (Post test) Model Pembelajaran Artikulasi (Variabel
X), dan 15 item pertanyaan dengan menggunakan angket Kemampuan Berpikir
(Variabel Y). Data Uji Instrument Angket (Variabel Y) diolah dengan
menggunakan teknik analisis product moment dari analisis data diperoleh nilai
korelasi dengan nilai sebesar 0,605, dengan demikian terdapat hubungan derajat
reabilitas suatu angket tinggi. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh hasil
perhitungan koefisien korelasi rhitung = 0,605 > rtabel = 0,349 , hal tersebut
menunjukkan bahwa adanya Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi terhadap
Kemampuan Berpikir Siswa. Dari hasil penelitian ini diperoleh thitung = 5,273
sedangkan ttabel dengan taraf signifikan 5% dengan dk 32-2 =30 diperoleh nilai
sebesar 1,697. Dengan demikian thitung > ttabel (5,273 > 1,697) maka Ha diterima Ho
ditolak, sehingga terbukti secara signifikan terdapat Pengaruh Model
Pembelajaran Artikulasi terhadap Kemampuan Berpikir Siswa Kelas X-2 TKJ
Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di SMK Bina Satria Tahun
Pembelajaran 2016/2017.