DSpace Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi oleh Siswa Kelas X SMA NUSANTARA Lubuk Pakam.

Show simple item record

dc.contributor.author Suhartika, Eli
dc.date.accessioned 2020-11-18T02:49:24Z
dc.date.available 2020-11-18T02:49:24Z
dc.date.issued 2017-10-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13014
dc.description.abstract Masalah penelitian ini adalah siswa tidak mampu menulis paragraf argumentasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think talk write terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi oleh siswa kelas X SMA NUSANTARA Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2016-2017. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA NUSANTARA Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2016-2017 berjumlah 200 siswa terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling kelas, kelas yang terpilih menjadi sampel pada penelitian ini yaitu kelas X-1 dan X-2 masing-masing 40 siswa. kelas X-1 belajar menggunakan model pembelajaran think talk write sedangkan X-2 belajar menggunakan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes esai. Hipotesis dibuktikan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kemampuan menulis paragraf argumentasi setelah perlakuan menggunakan model pembelajaran think talk write memperoleh nilai rata-rata 79,16 termasuk dalam kategori baik, sementara kemampuan menulis paragraf argumentasi menggunakan metode ceramah memperoleh nilai rata-rata 64,78 termasuk dalam kategori cukup. Berdasarkan uji-t diperoleh nilai pada taraf α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,13 > 1,66 maka Hα diterima HO ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran think talk write terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi oleh siswa kelas X SMA NUSANTARA Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2016- 2017 en_US
dc.subject Think Talk Write terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi oleh Siswa Kelas X SMA NUSANTARA Lubuk Pakam. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account