DSpace Repository

Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Make a Match pada siswa Kelas III SD N 054000 Kec Besitang”

Show simple item record

dc.contributor.author Khairida
dc.date.accessioned 2020-11-17T08:40:01Z
dc.date.available 2020-11-17T08:40:01Z
dc.date.issued 2017-01-07
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12853
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) kemampuan siswa membaca dan menulis Al Qur‟an sebelum menggunakan metode pembelajaran Make a Match pada siswa kelas III SD N 054000 Kec. Besitang. 2) Kemampuan siswa membaca dan menulis Al Qur‟an setelah menggunakan metode pembelajaran Make a Match di kelas III SD N 054000 Kec. Besitang. Lokasi penelitian dilaksanakan di kelas III SD N 054000 Kec. Besitang yang terdiri dari 25 siswa dengan 15 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data lembar oservasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Penelitian ini dimulai dari pemberian tes awal terhadap 25 siswa, diketahui terdapat 2 siswa (8%) yang mendapat nilai ketuntasan kemampuan membaca Al Qur‟an dan 23 siswa (92%) yang belum mendapat nilai ketuntasan kemampuan membaca Al Qur‟an , 6 siswa (24%) yang mendapat nilai ketuntasan kemampuan menulis Al Qur‟an dan 19 siswa (76%) yang belum mendapat nilai ketuntasan kemampuan menulis Al Qur‟an. Kemudian pada pelaksanaan siklus I diketahui terdapat 5 siswa (20%) yang mendapat nilai ketuntasan kemampuan membaca Al Qur‟an dan 20 siswa (80%) yang belum mendapat nilai ketuntasan kemampuan membaca Al Qur‟an, 9 siswa (36%) yang mendapat nilai ketuntasan kemampuan menulis Al Qur‟an dan 16 siswa (64%) yang belum mendapat nilai ketuntasan kemampuan menulis Al Qur‟an. Kemudian pada pelaksanaan siklus II diketahui terdapat 14 siswa (56%) yang mendapat niai ketuntasan kemampuan membaca Al Qur‟an dan 11 siswa (44%) yang belum mendapat nilai ketuntasan kemampuan membaca Al Qur‟an, 18 (72%) yang mendapat nilai ketuntasan kemampuan menulis Al Qur‟an dan 7 siswa (28%) yang belum mendapat nilai ketuntasan kemampuan menulis Al Qur‟an. Selanjutnya, pada pelaksanaan siklus III diketahui terdapat 23 siswa (92%) yang mendapat nilai ketuntasan kemampuan membaca Al Qur‟an dan 2 siswa (8%) yang belum mendapat nilai keuntasan kemampuan membaca Al Qur‟an, 25 siswa (100%) yang mendapat nilai ketuntasan kemampuan menulis Al Qur‟an dan 0 siswa (0%) yang belum mendapat nilai ketuntasan kemampuan menulis Al Qur‟an. en_US
dc.subject Kemampuan membaca, en_US
dc.subject Kemampuan menulis en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Make a Match pada siswa Kelas III SD N 054000 Kec Besitang” en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account